Slide2

Oleh: Resti Trisyana, S.Pd

“Wow ada pelangi. Lihat!” komentar inilah yang selalu terlontar pada mulut kita saat melihat pelangi. Kenapa demikian?

Pelangi mempunyai keindahan yang menakjubkan. Dia menampilkan aneka macam warna dalam satu lengkungan besar yang memukau. Bayangkan jika keindahan pelangi ini kita jewantahkan dalam karakter anak didik untuk menempa mereka mempunyai kepribadiaan. Pribadi mulia seperti apa yang akan tercipta kemudian? Pastinya akan memukau banyak orang seperi halnya pelangi.

Pendidikan karakter yang dimaksud disini adalah pengembangan karakter sejak dini agar anak didik di kemudian hari menjadi manusia yang dapat memberikan suri tauladan di lngkungan dimanapun ia nantinya berada. Dalam hal ini, karakter jujur, berempati terhadap sesama, mencintai segala ciptaan tuhan YME, tanggung jawab, berpikir kritis, dan selalu merasa senang dengan segala yang sudah didapatkan adalah karakter yang sengaja dirancang untuk anak didik. Karena pembentukan karakter ini perlu proses dan konsistensi dimanapun mereka berada, dengan membangun kebiasaan-kebiasaan yang ditanam pada diri anak-anak semenjak usia dini,

“Knowledge is important but good characters is more important “ dari kepedulian inilah Pratiwi School mulai menciptakan konsep penguatan karakter melalui penganalogian pelangi. Pertama, mari kita lihat logo yang ada di Pratiwi school, disana termaktub lambang pelangi yang memiliki tujuh warna. Dari tiap warna tersebut memiliki karakteristik, arti dan makna tersendiri. Disitulah analogi pelangi mulai dikaitkan dengan karakter. Misalnya, Warna merah memiliki arti berani. Disini anak didik akan dididik untuk mengembangkan karakter berani menyampaikan sesuatu dalam sikap maupun dalam berkomunikasi secara tegas, lugas, dan dapat dipercaya. Warna jingga memiliki arti kuat, siswa siswi Pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki fisik yang kuat. Warna kuning memiliki arti ceria, siswa siswi pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki karakter yang aktif dan bahagia. Warna hijau memiliki arti hidup, siswa siswi pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki karakter mencintai segala ciptaan Tuhan YME. Warna biru memiliki arti damai, siswa siswi pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki karakter menjadi pribadi yang selalu berempati terhadap sesama. Warna nila memiliki arti sederhana, siswa siswi pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki karakter yang selalu jujur dalam perbuatan serta perkataannya, jujur terhdap dirinya sendiri, ataupun jujur terhadap orang lain. Warna ungu yang memiliki arti bijaksana, siswa siswi pratiwi school diharapkan menjadi siswa siswi yang memiliki karakter yang selalu berfikir kritis dan bijaksana. Pratiwi School mengintegrasikan ketujuh karakter tersebut ke dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Dimulai dari pagi hari saat siswa-siswi datang ke sekolah, saat belajar, hingga pulang sekolah dan berlanjut dirumah. Pengucapan ikrar Seven Shade of Rainbow ini dilakukan setiap pagi saat circle time oleh siswa siswi secara serempak, kemudian guru menjelaskan tentang maknanya.

Penerapannya pun dilakukan secara bertahap, pada tahun ajaran ini siswa baru mengenal dan mempelajari makna-maknanya. Pada tahun ajaran baru (2015-2016) menjadi dasar pembentukan karakter siswa Pratiwi school yang terintergrasi dalam kurikulum dan terimplementasi dalam kegiatan belajar mengajar sehari hari. Pendidikan karakter yang dikenalkan sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter individu di masa yang akan datang. maka dukungan yang di berikan seluruh anggota keluarga dan seluruh anggota sekolah serta lingkungan sekitarnya dapat mempercepat terciptanya karakter yang kita harapkan. Oleh sebab itu, tak hanya anak didik, konsistensi karakter tersebut juga diterapkan kepada seluruh keluarga besar Pratiwi school, mulai dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Guru, orang tua murid, staf sampai juru bersih dan juru keamanan. OB, satpam). Saat konsistensi ini dilakukan oleh seluruh segenap anggota sekolah, maka kami berharap generasi yang tercipta dari siswa siswi Pratiwi School adalah generasi yang dapat memberikan warna dalam kehidupannya, dapat hidup selaras dengan alam semesta dan semua ciptaan Tuhan Yang maha Esa.